REGULASI
REFERENSI
DOKUMEN
LAYANAN PUBLIK
Galeri
PROFILE
BERANDA

berita & artikel

02 November 2018


MISA ARWAH : TPU SUKUN NASRANI DIBANJIRI PEZIARAH




image

TPU Sukun Nasrani yang berlokasi di Jalan Sudanco Supriadi no 38, nampak ramai dengan lalu lalang peziarah. Para peziarah datang untuk mengikuti prosesi Misa Arwah. Kegiatan tahunan yang digagas oleh pihak gereja dan sudah berlangsung hingga dua dekade ini.  

Lautan manusia membanjiri Blok Pasturan yang berada di sebelah tenggara Kantor UPT TPU tempat terselenggaranya kegiatan ini. Ribuan umat Katholik dari wilayah Kota Malang berkumpul menjadi satu,  tumpah ruah mengikuti prosesi yang bertujuan mendoakan arwah nenek moyang dan sebagai penghormatan kepada keluarga yang meninggal.

Tingginya antusias para peziarah menarik UPT Tempat Pemakaman Umum untuk pasang badan. Tak ayal,  UPT yang bertujuan memberikan pelayanan kepada masyarakat turut andil demi kelancaran dan kesuksesan acara. 

Ditemui di ruang kerjanya, Kepala UPT Tempat Pemakaman Umum, Bapak Taqruni Akbar menyambut positif kegiatan tahunan yang melibatkan berbagai pihak. Pihak gereja selaku penyelenggara, pihak Kepolisian dan Babinsa selaku pengamanan dan penertiban. 

"Kami menyambut positif dan mengapresiasi kegiatan Misa Arwah ini. Acara yang diselenggarakan tiap 2 November ini dapat menarik wisatawan untuk melihat secara langsung prosesi yang dilaksanakan. Demi kelancaran dan kenyamanan peziarah seminggu sebelum hari H kami mengerahkan porsonil kami untuk kerja bakti" ungkap Pak Roni, panggilan akrab pria yang hampir 2 tahun mengomandoi UPT Tempat Pemakaman Umum. 

Lebih lanjut, pria murah senyum yang menjadi kandidat Nominasi Pegawai Negeri Sipil Inspiratif 2015 versi Kementrian PAN RB berharap agar Pemerintah Kota Malang turut andil dalam peningkatan fasilitas dan sarana publik.
"Kami berharap, kegiatan ini dapat menarik perhatian Pemerintah Kota sehingga dapat memberikan bantuan kepada kami sarana maupun fasilitas agar akses menuju Pasturan dapat lebih cepat salah satunya adanya pavingisasi" ungkap beliau. 

Acara berlangsung mulai pukul 14.00 WIB berjalan cukup khidmat. Dibawah tenda yang didesain begitu artistik terdengar lantunan doa-doa, puja-puji yang dipimpin oleh Ir.  Profesor Benektus. Ribuan jamaah turut berdoa dengan begitu khusyuk, mendengarkan dengan seksama lafaz doa yang diucapkan Sang Pastur. 

Hadir sebagai tamu undangan Wakil Wali Kota Malang, Bapak Sofyan Edi Jarwoko yang turut serta dalam mengikuti dan mengapresiasi kegiatan keagamaan ini. Satu kehormatan bagi UPT Tempat Pemakaman Umum. Orang nomer dua di Kota Malang berkenan singgah di Tempat Pemakaman yang memang dikhususkan bagi jenazah orang Katholik. 

Tanpa banyak kata, dengan senyum simpul. Pria berkacamata yang pernah menjadi anggota dewan menyalami para hadirin. 
"Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, semoga ke depannya bisa berjalan lebih baik lagi. Mohon maaf tidak bisa berlama-lama karena masih ada kegiatan di tempat lain" ungkap Pak Edi begitu ramah. 

Ribuan umat hadir, secara langsung kemacetan memadati wilayah Sukun. Praktis kendaraan padat merayap. Beruntung pihak panitia dan penjual jasa saling bekerjasama sehingga kemacetan dapat diatasi dan kendaraan dapat berlalu lalang dengan baik tanpa menghambat perjalanan pengendara. 

"Kami datang kesini satu keluarga mengendarai mobil. Cukup macet juga ya. Syukurlah pihak panitia dan petugas siaga sehingga kemacetan tidak berlangsung lama." ungkap salah satu peziarah, Linawati (48) yang mengaku tiap tahun tidak pernah melewatkan acara ini. 

Misa Arwah berlangsung sekitar dua jam. Meskipun hitungan jam. Acara mampu memberi pelajaran bagi kita bahwa arwah orang yang sudah meninggal tetap harus didoakan. 

TPU Sukun Nasrani yang merupakan salah satu cagar budaya. Dibangun pada tahun 1918 melalui tangan dingin arsitek Belanda Herman Thomas Karsten. TPU Sukun Nasrani tetap berdiri dengan kokoh hingga saat ini dengan segala kegiatannya misalkan Upacara Penghormatan Tentara Jepang dan Misa Arwah.

TPU dengan nama lain Bong Londo adalah aset daerah yang harus dijaga dan dilestarikan. Semoga melalui kegiatan ini dapat menyedot wisatawan sehingga TPU yang menyimpan sejarah ini dapat menjadi destinasi wisata dan semoga kegiatan Misa Arwah ini dapat meningkatkan keimanan umat Katholik serta sebagai wadah pemersatu dalam pluralisme. 

Misa Arwah merupakan kegiatan tahunan. Semoga dapat berjalan lebih baik lagi untuk tahun-tahun yang akan datang.





Unit Kerja
Unit Kerja Kegiatan Detail
Bidang Penerangan Penerangan Jalan Pelayanan di bidang penerangan jalan umum dan jalan lingkungan Detail
Pengumuman
Judul Keterangan Detail
Upacara 17 Agustus 2018 Detail
Sosial Media

Live Chat

Email :

Nama :


Send