"Peringati Hari Santri, Pegawai DISPERKIM Kenakan Sarung".

Ada pemandangan berbeda pada Apel Akbar kali ini yang diselenggarakan tiap Hari Selasa. Pada Selasa kali ini tanggal 22 Oktober 2019 bertepatan dengan Hari Santri Nasional, para pegawai yang terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN), Pegawai Tidak Tetap (PTT) dan Tenaga Pendukung Operasional Kegiatan (TPOK) mengenakan pakaian ala santri yaitu baju koko dan sarung.

Seperti kita tahu bahwa apel merupakan salah satu wadah pembentukan kedisiplinan. Pemakaian sarung dan baju koko ini merupakan wujud dari kedisiplinan dan ketaatan para pegawai untuk mematuhi aturan atau himbauan yang diberikan.

Apel dipimpin oleh Kepala Bidang Pertamanan, Kuncahyani. Wanita berkacamata yang akrab disapa Yani menghimbau bahwa dengan adanya peringatan Hari Santri seyogyanya dapat menambah etos kerja kita dan semangat kita seperti resolusi yang telah dilaksanakan para santri dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

“Hari Santri ini telah ditetapkan oleh Presiden melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015. Sudah keempat kalinya dan kita sudah dua kali memperingati Hari Santri ini, salah satinya pemakaian baju koko dan sarung’ ujar beliau dihadapan peserta apel. (Selasa, 22 Oktober 2019).

Penetapan Hari Santri Nasional merujuk pada saat peristiwa bersejarah yakni seruan yang disampaikan Pahlawan Nasional KH Hasyim Ashari pada 22 Oktober 1945. Seruan berisi perintah kepada umat Islam untuk berhijad melawan tentara sekutu yang ingin menjajah kembali wilayah Republik Indonesia pasca Proklamasi Kemerdekaan. Selain itu, penetapan Hari Santri Nasional ini sebagai pengakuan resmi dari Pemerintah atas peran besar umat Islam dalam berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Melalui peringatan Hari Santri ini marilah kita bersama-sama berjuang meningkatkan semangat kerja dalam balutan kebersamaan.

Malang, 22 Oktober 2019
Hariani/de.182

 

Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman

  • Jalan Bingkil No. 1 Sukun Kota Malang


© 2019 DISPERKIM

  • Telp : (0341) 369377
  • disperkim@malangkota.go.id
  • dpkp2017@gmail.com
Close Menu