"Peringati Hari Santri, UPT PPU Santuni Panti Asuhan".

Banyak hal positif yang dapat dilakukan dalam peringatan Hari Santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober. Salah satunya seperti yang dilaksanakan oleh UPT Pengelolaan Pemakaman Umum (UPT PPU). Satu unit kerja yang berada dibawah naungan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Malang.

Kegiatan menyantuni Panti Asuhan adalah suatu agenda rutin dan program yang acap kali dilakukan oleh unit kerja yang menangani hal-hal yang berkaitan dengan pemakaman. Sudah beberapa kali UPT PPU menyantuni Panti Asuhan Yayasan Insan Indonesia Bersatu (YASIBU) yang berada di Jalan Babatan III Arjowinangun Kota Malang.

“Kegiatan menyantuni Panti Asuhan ini adalah satu agenda rutin yang kami lakukan setiap bulan, mengingat unit kerja kita berhubungan dengan kematian. Kepala UPT kami, Bapak Taqruni Akbar juga menghimbau agar kami para staf untuk senantiasa bersedekah” ungkap Koordinator TPU Sukorejo, Rianto saat memberikan bantuan. (Senin, 22/10/2019).

Hal senada juga diungkapkan Kepala UPT Pengelolaan Pemakaman Umum, Taqruni Akbar.
“Menyantuni yatim piatu adalah kewajiban kita sebagai seorang muslim. Saling tolong-menolong apabila ada saudara yang kesusahan dan kami menghimbau kepada teman-teman untuk senantiasa menyisihkan sebagian dari rejekinya untuk disedekahkan agar dapat membersihkan harta kita yang kotor, selain itu juga sebagai wujud kepekaan sosial kita kepada sesama” ujar beliau.

Pria yang akrab disapa Roni ini menambahkan bahwa Peringatan Hari Santri Nasional merupakan ajang untuk merefleksi diri agar kita dapat melakukan suatu hal yang dapat meringankan beban dari saudara-saudara kita. Salah satu yang dapat dilakukan yaitu berbagi bersama.

Panti Asuhan YASIBU mengasuh dan mendidik anak-anak mulai dari balita hingga
anak yang sudah SMA. Anak-anak yang kurang beruntung karena tak berayah dan beribu patut kita santuni agar beban yang ditanggung dapat berkurang.

Dari Sahl bin Sa’ad Radhiallahuanhu dia berkata Rosulullah SAW bersabda : Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini, kemudian beliau mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tangan beliau, serta agak merenggangkan keduanya. (HR.Bukhari).

Itu artinya orang yang menyantuni anak yatim akan menempati kedudukan yang tinggi di surga. Semoga kita termasuk golongan orang-orang yang senantiasa bersedekah dan menyantuni anak-anak yatim.

……………………………………

Har/de.182

 

Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman

  • Jalan Bingkil No. 1 Sukun Kota Malang


© 2019 DISPERKIM

  • Telp : (0341) 369377
  • disperkim@malangkota.go.id
  • dpkp.2017@gmail.com
Close Menu